HELO

Selasa, 27 Maret 2012

Curtiss Marvel (1911)

Kali ini ada sebuah sepeda motor dengan nama Marvel (Amerika), tidak banyak data yang didapat dari si Marvel ini. Hanya disebutkan Perusahaan sepeda motor ini didirikan oleh C. Leonard Waters, Elizabeth H. Waters, dan Glenn H. Curtiss, pada tahun 1910. Hal yang menarik di sepeda motor ini selain warnanya yang serba putih (mirip kuda Pangeran Diponegoro), adalah konstruksi mesinnya yang menggunakan OHV (Over Head Valve). masih sangat jarang produksi kendaraan bermotor waktu (1910-1911) itu yang menggunakan sistem ini.
mari kita lihat bersama :
 Tampak dari sisi kanan, gagah tapi anggun…



belt nya panjang bener ya! trus roda belt nya juga gede (buat ngejar akselerasi kali!)
Sekarang mari kita lihat dari dekat mesin sepeda motor ini, mesin ini memiliki kapasitas 500cc OHV dan mampu menghasilkan 4-5 Hp  (biar cuma 4-5 Hp tapi saat itu sudah paling kenceng dibanding rivalnya)
perhatikan bagian headnya, ini yang saya bilang di atas tadi mesin OHV (Over Head Valve).  jangan dibandingkan dengan OHV motor jaman sekarang. waktu itu letak templar/pelatuk klep dengan spring valve ada diluar cylinder head. jadi bisa dibayangkan kalo jari kita kejepit.. wuaduh! ngeri bro!
 selain itu juga, secara berkala OHV ini perlu dilumasi dengan pelumas secara manual, karena jelas dengan konstruksi seperti itu pelatuk klep akan cepat kering dan aus. kalo nggak dilumasi suaranya akan “klethak-klethik” seperti mesin jahit




Sekian semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar